Jumat, 10 Desember 2010

Sejarah Huruf Hangeul

“HURUF KOREA, HANGEUL”



Penciptaan Hangeul
Huruf Korea, Hangeul diciptakan oleh raja ke-4 di masa kerajaan Chosun, Sejong Daewang atau Raja Agung Sejong di tahun 1443 lalu, hingga diamanatkan di tahun 1446. Nama huruf korea saat itu merupakan ‘Hunminjeongeum’ berarti ‘tulisan untuk rakyat’ yang akan menjadikan pembacaan dan penulisan bahasa korea menjadi suatu urusan yang mudah bagi semua orang, tidak tertentu kelasnya. Huruf korea terdiri dari 17 huruf konsonan dan 11 huruf vocal yang digabung untuk membentuk suku kata.


Bahasa Negara
Meskipun Hunminjeongeum diamanatkan, namun dokumen resmi tetap dicatat dalam huruf Cina. Setelah titah raja berisi huruf korea harus dipakai sebagai pengganti huruf Cina, yang dikeluarkan di bulan Nopember tahun 1894, huruf korea menjadi bahasa Negara yang resmi setelah 450 tahun berlalu sejak Hunminjeongeum diciptakan.


Huruf Korea Modern
Nama ‘Hangeul’ diciptakan oleh sarjana Ju Shi-kyeong, hingga dipakai sejak tahun 1913 lalu. Setelah itu, nama ’Hangeul’ disebarluaskan setelah majalah rutin berjudul ’Hangeul’ diterbitkan tahun 1927. ’Hangeul’ bermakna ’bahasa untuk bangsa korea’, ’bahasa agung’, dan ’bahasa terunggul di dunia’, hingga sama dengan makna istilah Hunminjeongeum.sesuai dengan yang ditetapkan oleh Institut Pengkajian Bahasa Korea tahun 1933, 4 huruf dari 28 huruf yang aslinya diciptakan, dihapuskan, hingga menjadi 24 huruf, yaitu 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal.

Susunan
v     Bunyi awal : Konsonan dasar 14 huruf, namun konsonan ini bisa di pakai dengan ganda, jadi jumlah konsonan lebih banyak.
v     Bunyi tengah : Vokal dasar 10 huruf, namun pemakaian vokal ini bisa bertambah, jadi jumlah vokal lebih banyak.
v     Bunyi akhir : Bunyi akhir, diungkapkan dengan konsonan seperti bunyi awal.


Keistimewaan
Bahasa korea dipakai dengan menggabungkan konsonan dan vokal, maka sangat masuk akal dan mudah dipelajari. Hingga saat ini, setiap tanggal 9 Oktober diperingati sebagai ’Hari Hangeul’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar